Audit Eksternal Surveillance 1 ISO 9001:2015 di Balai Diklat Keagamaan Makassar
  • BDK Makassar
  • 30 November 2023
  • 108x Dilihat
  • Berita

Audit Eksternal Surveillance 1 ISO 9001:2015 di Balai Diklat Keagamaan Makassar

Gambar

BDK Makassar (Online) - Audit Eksternal Surveillance 1 ISO 9001:2015 dilaksanakan oleh Auditor Ekternal di Balai Diklat Keagamaan Makassar. (Kamis-Jumat, 30 November-01 Desember 2023)  Tujuan audit tersebut yakni untuk memastikan apakah Balai Diklat Keagamaan Makassar sebagai Lembaga pelatihan yang telah bersertifikasi ISO 9001-2015 tetap melaksanakan seluruh proses kegiatan pelayanan sesuai dengan QMP (sasaran mutu) yang telah ditetapkan.

Audit Surveillance ini sebagai audit (pemantauan) yang wajib dilakukan oleh lembaga sertifikasi independen dalam hal ini “Mutu Agung Internasional” terhadap instansi yang telah bersertifikat ISO. Hadir sebagai Lead Auditor – Witnessing dari Mutu Agung Internasional yakni : Rakhma Indah Kurniasih dan Wa Ode Khairunnisa, didampingi oleh Sukmah, Kepala Sub Bagian Tata Usaha BDK Makassar selaku Ketua Tim ISO 9001-2015 Balai Diklat Keagamaan Makassar.

ISO 9001  adalah standar internasional  yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu (SMM).  Versi ISO 9001 terbaru adalah ISO 9001:2015 yang menggantikan versi sebelumnya yaitu ISO 9001:2008. ISO 9001:2015 adalah standar yang  membantu bisnis dan organisasi untuk menjadi lebih efisien dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Pada ISO 9001:2015, terdapat 7 prinsip manajemen mutu, yaitu Fokus pada Customer (Customer Focus), Kepemimpinan (Leadership), Pelibatan Orang (Engangement of People), Pendekatan Proses (Procces Approach), Perbaikan (Improvement), Pengambilan Keputusan berdasarkan Bukti (Evidance Based Decision Making), dan Manajemen Hubungan (Relationship Management). BDK Makassar telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2015. Hal ini menandakan bahwa BDK Makassar sudah memenuhi syarat – syarat dalam sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 yang sudah ditetapkan. Sertifikat ini berlaku untuk jangka waktu 3 tahun. Dan saat ini, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, BDK Makassar sedang dalam proses Audit  Surveillance yang pertama oleh Lembaga Sertifikasi. Audit Surveillance adalah audit (pemantauan) yang wajib dilakukan oleh lembaga sertifikasi independen terhadap instansi yang telah bersertifikat ISO. Tujuan audit tersebut adalah untuk  memastikan kesiapan manajemen mutu di tahun pertama, termasuk untuk menentukan apakah organisasi masih berhak menyandang sertifikat ISO atau tidak. Dari audit ini bisa dibuktikan bagaimana komitmen dan peran serta seluruh karyawan/pegawai dalam menjalankan standar ISO. Sebelum dilakukan Audit Surveillance, Tim  BDK Makassar telah mengirimkan data-data yang berisikan informasi-informasi tertulis (documented information) hasil dari audit internal, yang membuktikan bahwa BDK Makassar telah menerapkan ISO 9001:2015 kepada pihak audit eksternal. Audit secara langsung. Ini  oleh Lembaga Sertifikasi terhadap bagian-bagian terkait di BDK Makassar untuk memeriksa kesesuain temuan dengan keadaan yang sebenarnya.

Kasubag TU BDK Makassar, Sukmah menyatakan bahwa semoga hasil dari audit surveilance baik dan sesuai harapan. Karena, untuk tetap menjaga tinggkat kepuasan pesertas pelatihan, kita harus mempunyai komitmen yang sama untuk  selalu menjaga  manajemen mutu yang terbaik di dalam manajemen pelatihan melalui ISO. (ETTI)