Melalui Bimtek, Agen Humas BDK Makassar Asah Kemampuan Menulis Berita
  • Etty
  • 8 Desember 2022
  • 97x Dilihat
  • Berita

Melalui Bimtek, Agen Humas BDK Makassar Asah Kemampuan Menulis Berita

Bogor (BDK Makassar) -- Dalam rangka meningkatkan kemampuan penulisan berita, Sekretariat Balitbangdiklat Kemenag RI  melalui Biro Kehumasan menggelar kegiatan Bimtek bagi para Agen Humas seluruh UPT di lingkungan Balitbangdiklat se Indonesia bimbingan teknis penulisan berita website di lingkungan Balitbang Diklat Kementerian Agama yang digelar di Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022).

Bimtek dibuka oleh Kepala Badan (Kaban) Litbang Diklat Kemenag RI Prof. Suyitno. Dalam arahan dan sambutannya Prof. Suyitno mengmyatakan bahwa dalam penulisan berita perlu dicari angle yang unik dan menarik.sehingga dapat menarik minat pembaca untuk membaca dan menjawab rasa penasaran pembaca kepada sebuah berita.
Menurutnya hal tersebut butuh latihan serius dan harys senantiasa diasah sehingga menurutnya momen bimtek ini adalah momentum yang pas untuk mengasah kemampuan menukis berita yang menarik minat pembaca utk membacanya.

Kepala  Badan menegaskan untuk seluruh peserta bimtek agar momentum bimtek ini digunakan untuk belajar bersama dalam rangka penulisan berita yang menarik. Prof.Suyitno juga banyak memberikan tips menarik dalam menulis berita yg menarik,antara lain dalam menulis harus dibarengi narasumber yang akan menjadi justifikasi kebenaran suatu berita agar berita bisa dipertanggungjawabkan kebenaran dan menjadi suatu fakta yang betul terjadi.

Selanjutnya Kepala Badan juga memberikan tips agar berita sifatnya upto date atau kekinian. Berita jg harus pumya pesan yang kuat dengan dilengkapi iluatrasi atau foto yang menggambarkan jalan cerita dalam berita sehingga berita yang dihasilkan betul betul faktual, updated dan berkualitas

Dalam kegiatan Bimtek penulisan berita ini menghadirkan dua wartawan senior Republika, yakni Fitriyan Zamzami dan Erdy Nasrul.  Kegiatan yang dihadiri seluruh fungsional pranata humas dari balai di lingkungan Balitbang Diklat, baik Balai Litbang Agama (BLA), Balai Diklat Keagamaan (BDK), serta Loka Diklat Keagamaan (LDK) di seluruh Indonesia.

Kegiatan bimtek ini digelar bertempat di Hotel Royal Amaroossa Bogor Jl. Otto Iskandardinata No 84 Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Bimtek akan berlangsung iselama tiga hari,  8-10 Desember 2022.(Etty)