Pembinaan Pegawai, Kabiro Kepegawaian, Dr. Nuruddin : Upaya Tingkatkan Integritas dan Kinerja Organisasi
  • BDK Makassar
  • 4 Desember 2023
  • 105x Dilihat
  • Berita

Pembinaan Pegawai, Kabiro Kepegawaian, Dr. Nuruddin : Upaya Tingkatkan Integritas dan Kinerja Organisasi

Gambar

BDK Makassar (Online) - Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI , Dr. Nuruddin memberikan pembinaan dihadapan Seluruh Pegawai BDK Makassar, bertempat di Aula Baruga Syekh Yusuf BDK Makassar (Senin, 04 Nov 2023).

Dalam arahannya Nuruddin yang didampingi Kasubag TU BDK Makassar, Sukmah menyampaikan bahwa Kementerian Agama (Kemenag) berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mendukung dan menyukseskan pembangunan nasional. Khususnya di bidang pembinan mental dan spriritual. Untuk mencapai target sebut, Kemenag sendiri saat ini mulai menjalankan misi transformasi layanan kepada masyarakat. Dengan begitu keberadaan Kemenag bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Menurutnya Transformasi layanan kepada masyarakat adalah misi yang saat ini tengah dijalankan oleh Kemenag. Mulai dari tingkat pusat hingga level yang paling bawah. Mantan Kepala Balai Litbang Agama (BLA) Jakarta ini menyatakan bahwa Transformasi layanan sendiri dijalanakan dihampir semua lini ke Kemenag. Termasuk satuan kerja dan lembaga di bawah naungan Kemenag itu sendiri. Dalam bentuk program juga cukup banyak. Menurutnya Kemenag harus bisa hadir di tengah-tengah masyarakat. Memberikan pelayanan dan pembinaan. Yang nantinya akan membawa dampak positif pada kemajuan pembangunan bangsa ini. Menurutnya semangat transformasi tersebut tentu tidak akan bisa berjalan, kalau hanya dilaksanakan di tataran pusat saja. Satuan kerja (satker) dan pegawai di lingkungan Kemenag di tingkat bawah juga harus ikut mendukung. Supaya apa yang dicita-citakan bisa terwujud. Inilah kenapa kemudian tranformasi layanan kepada penting. Demikian juga menurutnya Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI juga melakukan transformasi layanan kepegawaian dengan mengusung layanan one stop service, Sistem Merit, Assesment Center, dan Standar Layanan.

Kasubag TU BDK Makassar, Sukmah menyampaikan beberapa hal yang terkait pembinaan oleh Kepala Biro, menurutnya bahwa pembinaan pegawai berfungsi dalam meningkatkan integritas dan kinerja pegawai tidak dapat dilepaskan karena bimbingan pegawai menjadi bagian dari kebutuhan pegawai itu sendiri dan organisasi. Sukmah menambahkan bahwa pembinaan ini diharapkan menjadikan pegawai yang berintegritas sebagai modal dasar untuk melakukan setiap kegiatan didalam organisasi untuk menghasilkan kinerja pegawai yang diinginkan oleh pimpinan. Kinerja pegawai merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh bagi kesuksesan sebuah organisasi, karena performa pegawai yang bagus akan berbanding lurus dengan hasil baik dalam perkembangan organisasi. Menurutnya hasil performa pegawai ini dapat dilihat dari aspek kualitas, kuantitas, waktu kerja, dan kerja sama untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh organisasi.(ETTI)