Sosialisasi Orientasi PPPK dalam Wilayah Kerja Balai Diklat Keagamaan Makassar
  • BDK Makassar
  • 15 Januari 2024
  • 277x Dilihat
  • Berita

Sosialisasi Orientasi PPPK dalam Wilayah Kerja Balai Diklat Keagamaan Makassar

BDK Makassar (Online) - Balai Diklat Keagamaan (BDK) Makassar menyelenggarakan Sosialisasi Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dalam Wilayah Kerja Balai Diklat Keagamaan Makassar, yakni dari Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara. Sosialisasi melalui moda daring ini diikuti oleh 1059 orang ASN calon peserta Orientasi PPPK. Sosialisasi ini dilaksanakan pada Senin, 15 Januari 2023. BDK Makassar mengundang Narasumber dari Pusbangkom Lembaga Administrasi Negara Jakarta, Ibu Riris Elisabeth, SH., M.Hum, yang menyampaikan materi. Hadir dalam acara tersebut  Plt.Kepala Balai Ibu Sukmah, S.Pd.I,MA dan Ibu Fitriah, SE,M.AP selaku Moderator.

Dalam pemaparannya dijelaskan perlunya mengetahui bagaimana pembelajaran mandiri, apa itu MOOC, tata cara Login ke LMS MOOC, menonton Video, membaca materi, Evaluasi Akademik hingga pembuatan Jurnal. Intinya peserta harus melewati MOOC ini sebelum lanjut mengikuti pembelajaran secara klasikal di kampus Balai Diklat Keagamaan Makassar. Materi inti yang diberikan dalam sosialisasi ini adalah terkait dengan persiapan pelatihan PPPK yang akan diselenggarakan mulai Februari 2024. Materi yang dijelaskan dalam sosialisasi ini antara lain latar belakang, tujuan, kebijakan, pelaksanaan orientasi, serta kurikulum orientasi PPPK. Tujuan dari orientasi PPPK ini adalah memberikan pengenalan tugas dan fungsi ASN serta memberikan pengenalan nilai dan etika pada instansi pemerintah. Kurikulum orientasi PPPK akan membahas mengenai pengenalan fungsi dan tugas ASN meliputi sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar ASN serta kedudukan dan peran PPPK mendukung terwujudnya smart governance.

Untuk materi yang lebih rinci terkait Kementerian Agama antara lain pengenalan struktur organisasi dan tata kerja, program prioritas Kemenag, Manajemen PPPK dan penilaian kerja, Pengembangan Kompetensi ASN bagi PPPK, Kode Etik dan Kode Perilaku Kemenag, Etika Birokrasi di Kemenag, Pola Pikir ASN. Selain itu  diberikan pula materi penunjang antara lain ASN sebagai perekat pemersatu bangsa dan core values ASN dan profesionalisme ASN. (ETTI)

Gambar