Top
    bdkmakassar@kemenag.go.id
0811413033
e-Course Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh berakhir

e-Course Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh berakhir

Jumat, 8 Mei 2020
Kategori : Berita
779 kali dibaca

e-Course

BDK Makassar (Online) -Widyaiswara dan Pegawai BDK Makassar telah selesai mengikuti kegiatan e-Course Tata Kelola Pembelajaran Jarak Jauh dengan Moodle yang dimulai sejak hari Sabtu (25/04/2020) yang diselenggarakan oleh pakarpediA microlearning. Kegiatan e-Course (Online) ini telah berlangsung selama 32 jam pelatihan dan berakhir pada tanggal 6 Mei 2020. Pasca kegiatan e-Course ini diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan kompetensi Widyaiswara dalam persiapan sebagai tutor online dalam Pelatihan Jarak Jauh(PJJ) dan menyiapkan tenaga Pegawai sebagai Admin dalam pengelolaan Pelatihan Jarak Jauh yang akan dilaksanakan oleh BDK Makassar. Sebagai bentuk persiapan PJJ/DJJ, Widyaiswara juga telah mengikuti e-course kegiatan Pembuatan Media Presentasi untuk Pembelajaran Jarak Jauh yang diselenggarakan oleh pakarpediA microlearning. Fasilitator pakarPediA microlearning M. Miftakhul Falah, M.Pd juga adalah Widyaiswara BDK Semarang merupakan salah satu yang aktif membangun sistem BDK Semarang Learning Center dalam menjalankan aktifitas Pelatihan Jarak Jauh/Diklat Jarak Jauh di BDK Semarang (blc.bdksemarang.net).  Harapannya adalah agar BDK Makassar bisa mengikuti jejak BDK Semarang yang telah sukses menyelenggarakan PJJ sebagai program unggulannya. Balai Diklat Keagamaan Semarang membuka 44 kelas PJJ untuk tahun anggaran 2020 dan sampai bulan April 2020 sudah terlaksana sebanyak 18 kelas dengan peserta seleksi tahun 2020 ini diikuti sebanyak 2498 peserta.

Menurut Kepala BDK Makassar, Juhrah, M.AP ,saat ini dunia Pendidikan harus siap menghadapi perubahan model pembelajaran dari kelas tradisional (tatap muka langsung) ke kelas maya (virtual). Faktanya Guru maupun siswa dipaksa harus bermigrasi dari pola pendidikan reguler tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan IT. Sehingga  Madrasah juga sudah menyiapkan Learning Management System (LMS) berbasis Moodle seperti MTsN 1 Kota Makassar yang juga telah mengaplikasikan LMS dengan nama e-Learning Madrasah dalam pembelajaran peserta didiknya selama Pandemi Covid-19.

Dua jenis e-Course (online) yaitu e-Course Pembuatan Media Presentasi untuk Pembelajaran Jarak Jauh dan e-Course Tata Kelola Pembelajaran Jarak jauh dengan Moodle adalah bentuk kesiapan BDK Makassar dalam Pengelolaan Pelatihan Jarak Jauh.

Bagi BDK Makassar Pelatihan Jarak jauh (PJJ) atau yang diistilahkan dulu sebagai Diklat Jarak jauh (DJJ) sebenarnya bukan hal yang baru dan tidak asing lagi dengan PJJ karena Diklat Jarak Jauh (DJJ) dalam lingkungan Badan Litbang dan Diklat pada Tahun 2009 menjadi Paradigma baru kediklatan. Paradigma tersebut menekankan pentingnya penggunaan Diklat Jarak Jauh (DJJ) dan Diklat di Tempat Kerja (DDTK) sebagai teknik untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan dan latihan serta untuk meningkatkan frekwensi pegawai Kementerian Agama dalam mengikuti Diklat. Sebagai paradigma baru kediklatan, BDK Makassar bersama Pusdiklat dan 11 Balai Diklat Keagamaan se Indonesia pada saat itu juga aktif melaksanakan DJJ sejak tahun 2009 dengan server dan LMS berbasis Moodle yang terpusat di Jakarta. Namun DJJ ini hanya berjalan 2-3 tahun. Berbagai pelatihan Diklat Jarak jauh juga digelar oleh Pusdiklat saat itu, antara lain : DJJ bagi Widyaiswara dan DJJ bagi Tenaga Admin. Kerjasama dengan pustekkom saat itu juga terjalin dengan baik sehingga dengan e-Course ini tentunya menjadi penyegar dan pengingat kembali khususnya kepada pengelola DJJ yang dulu aktif menjadi tutor online dan juga sebagai Super Admin ataupun admin Diklat Jarak jauh (DJJ) pada tahun 2009-2011. (ETTI)


Sumber : Pengeloila Humas BDK Makassar

Penulis : Etti Humas

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP