Pendidikan Karakter di Sekolah: "Revitalisasi Peran Sekolah dalam Menyiapkan Generasi Bangsa yang Berkarakter"

Pendidikan Karakter di Sekolah:
Judul Buku Pendidikan Karakter di Sekolah: "Revitalisasi Peran Sekolah dalam Menyiapkan Generasi Bangsa yang Berkarakter"
Pengarang Syamsul Kurniawan
Penerbit Samudra Biru, Yogyakarta
Tahun 2017
Deskripsi

Pendidikan Karakter di Sekolah:

"Revitalisasi Peran Sekolah dalam Menyiapkan Generasi Bangsa yang Berkarakter".

Penulis: Syamsul Kurniawan

Penerbit: Samudra Biru, Yogyakarta

Tahun Terbit: 2017

Harga Buku: Rp.40.000

Resensi oleh : H. Fachri Rahman (Widyaiswara BDK Makassar)

Dalam kehidupan sehari – hari, kita sering kali menyamakan istilah karakter dengan watak, sifat, atau pun kepribadian. Padahal, jika ditelisik lebih lanjut, arti kata karakter dengan watak atau pun sifat tidaklah sama. Pada dasarnya karakter merupakan akumulasi dari sifat, watak, dan juga kepribadian seseorang. Karakter yang dimiliki oleh seseorang pada dasarnya terbentuk melalui proses pembelajaran yang cukup panjang. Karakter manusia bukanlah sesuatu yang dibawa sejak lahir. Lebih dari itu, karakter merupakan bentukan atau pun tempaan lingkungan dan juga orang – orang yang ada di sekitar lingkungan tersebut.

Karakter dibentuk melalui proses pembelajaran di beberapa tempat, seperti di rumah, sekolah, dan di lingkungan sekitar tempat tinggal. Pihak – pihak yang berperan penting dalam pembentukan karakter seseorang yaitu keluarga, guru dan teman sebaya.

Karakter seseorang biasanya akan sejalan dengan perilakunya. Bila seseorang selalu melakukan aktivitas yang baik seperti sopan dalam berbicara, suka menolong, atau pun menghargai sesama, maka kemungkinan besar karakter orang tersebut juga baik, akan tetapi jika perilaku seseorang buruk seperti suka mencela, suka berbohong, suka berkata yang tidak baik, maka kemungkinan besar karakter orang tersebut juga buruk.

Buku ini berjudul Pendidikan Karakter di Sekolah: Revitalisasi Peran Sekolah dalam Menyiapkan Generasi Bangsa yang Berkarakter. Buku ini menjelaskan bahwa keberhasilan pendidikan karakter di sekolah dapat meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa secara utuh, terpadu dan seimbang, sesuai standar kompetensi lulusan. Melalui pendidikan karakter diharapkan siswa mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehinga terwujud dalam keseharian. Karena itu pendidikan penguatan karakter dalam konteks sekarang menjadi sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di Negara kita.

Pendidikan karakter merupakan kunci yang sangat penting di dalam membentuk kepribadian anak. Selain di rumah, pendidikan karakter juga perlu diterapkan di sekolah dan lingkungan sosial. Pada hakekatnya, pendidikan memiliki tujuan untuk membantu manusia menjadi cerdas dan tumbuh menjadi insan yang baik. Dalam rangka mempersiapkan Generasi Emas 2045, pemerintah menguatkan karakter generasi muda agar memiliki keunggulan dalam persaingan global abad 21. Selain lima nilai utama karakter, melalui PPK, pemerintah mendorong peningkatan literasi dasar, kompetensi berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaborasi generasi muda.

Buku ini sangat baik untuk dibaca dan menjadi modal bagi tenaga pendidik, guru dan utamanya widyaiswara yang menjadi fasilitator dalam setiap pelatihan-pelatihan bagi guru untuk memberikan bimbingan dan pencerahan bagi Guru untuk dapat mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di kelas dan mampu mengelola manajemen kelas. Kepala Sekolah dapat mendesain budaya sekolah yang menjadi ciri khas dan keunggulan sekolah tersebut. Lalu, Sekolah mampu mendesain pelibatan publik guna meningkatkan peran orang tua dan masyarakat akan pentingnya pendidikan penguatan karakter. (FR)