4 Angkatan Diklat dibuka di tengah Kewaspadaan Dini dan Kesiapsiagaan penyebaran Coronavirus (Covid-19)
  • 17 Maret 2020
  • 281x Dilihat
  • Berita

4 Angkatan Diklat dibuka di tengah Kewaspadaan Dini dan Kesiapsiagaan penyebaran Coronavirus (Covid-19)

diklat corona 1

 

BDK Makasssar (Online) - Kegiatan Diklat sebanyak 4 angkatan, yaitu Diklat Teknis Substantif Penilai Angka Kredit Penghulu, Diklat Teknis Substantif Penilai Angka Kredit Penyuluh, Diklat Teknis Substantif Moderasi Beragama bagi Penyuluh PNS Angkatan II dan Diklat Teknis Substantif Karya Ilmiah Penyuluh resmi dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kemneterian Agama Prov. Sulawesi Selatan, H. Anwar Abubakar, M.Ag. Diklat Teknis sebanyak 4 Angkatan ini berlangsung ditengah maraknya himbauan untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan banyak massa. Sehubungan dxengan hal tersebut Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar, Juhrah, M.AP telah mengkoordinasikan kegiatan ini kepada Kepala Badan Litbang dan Diklat dan telah mengantongi izin melaksanakan kegiatan karena telah terlanjur dilaksanakan sebelum terbitnya edaran resmi Pemerintah untuk melakukan kewaspadaan dini dan kesiapsiagaan menghadapi penyebaran virus Covid-19. Namun Kabalai tetap akan mengambil kebijakan terkait pelaksanaan Diklat yang sudah terlanjur dilaksanakan dan Diklat yang sementara berlangsung sewaktu-waktu bisa dihentikan dan dilanjutkan dengan kegiatan pembelajaran jarak jauh (daring/online) seperti Diklat di Wilayah kerja (DDWK) yang akan berlasngsung di empat kabupaten pada biulan Maret 2020 telah dibatalkan dan diundur sampai ada perkembangan lebih lanjut atas kebijakan pemerintah.

diklat corona 2

Acara pembukaan berlangsung di Aula Baruga Syekh Yusuf BDK Makassar (Senin, 16/03/2020). Kepala BDK Makassar Juhrah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel yang telah meluangkan waktu untuk membuka dan memberi arahan kepada peserta Diklat ditengah maraknya kasus pandemi Coronavirus (Covid- 19). Ka Balai berharap kegiatan ini berjalan lancar, aman dan semua peserta dalam keadanan sehat walafiat pada saat masuk ke Balai dan keluar dalam keadaan sehat walafiat lepas mengikuti diklat.
Sebelumnya Kasubag TU BDK Makassar, Sukmah, S.,Pd.,I, MA melaporkan bahwa kegiatan Diklat ini akan berlangsung selama 6 hari dimulai dari tanggal 16 s.d 21 Maret 2020.
Tujuan dilaksanakannya Diklat adalah untuk meningkatkan kompetensi Pengetahuan, melatih sikap dan ketrampilan penyuluh dan penghulu dalam menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.
Sementara itu Kakanwil dalam arahannya mengingatkan pentingnya menjaga dan mematuhi himbauan Pemerintah dan juga Surat edaran Kementerian Agama tentang Kewaspadaan dini dan kesiapsiagaan menghadapi penyebaran Virus Corona. Menurutnya kekhawatiran dan kewaspadaan itu perlu tapi jangan panik dan juga jangan menganggap sepele. Anwar menyatakan bahwa sebaik-baiknya suatu urusan adalah berada ditengah-tengah (Haerul Umuuri Aosatuhaa). Tengah-tengah mempunyai makna moderat atau moderasi sesuai dengan peran penyuluh dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat, tidak ekstrem kiri atapun kanan tapi berada di tengah-tengah. Pada akhir sambutannya Anwar berharap agar Diklat bisa menghasilkan dan meningkatkan kualitas SDM Kementerian Agama. Acara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel didampingi oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar, Juhrah, M.AP dan Panitia dari BDK Makassar. Sebanyak 120 penyuluh PNS dan penghulu yang berasal dari Wilayah kerja BDK Makassar akan mengikuti Diklat Teknis yang dilaksanakan selama 6 hari dimulai tanggal 16 s.d 21 Maret 2020. (Etti)

diklat corona 3