Apel Hari Santri di BDK Makassar
  • BDK Makassar
  • 23 Oktober 2023
  • 47x Dilihat
  • Berita

Apel Hari Santri di BDK Makassar

BDK Makassar (Online) – Balai Diklat Keagamaan (BDK) Makassar memperingati Hari Santri Nasional dengan menggelar Apel Hari Santri di halaman Kantor BDK Makassar (Ahad, 22 Oktober 2023). Bertindak selaku Pembina Apel hari Santri Nasional Tahun 2023 Kasubag TU BDK Makassar, Sukmah, S..Pd.I, MA. Apel diikuti oleh seluruh Pegawai ASN dan NPASN BDK Makassar. Sementara itu Kepala BDK Makassar, Juhrah mengikuti Apel Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10). Kegiatan ini dihadiri presiden Jokowi dan para menteri.

Juhrah dalam keterangan tertulisnya menyatakan bahwa dalam momentum Hari Santri Nasional 2023,  mengajak santri berkontribusi aktif untuk bangsa dan Tanah Air. Juhrah menyebut, peran serta santri sebagai pilar penjaga NKRI tidak perlu diragukan. Bahkan santri memiliki andil penting dalam sejarah bangsa dan perjalanan bangsa. Selain dalam merebut dan menjaga kedaulatan, ulama dan para santrinya juga ikut dalam menjaga peradaban bangsa,Juhrah juga mengingatkan pemilihan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional juga tak lepas dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia setelah Jepang menyerah kepada sekutu pada Perang Dunia II yaitu adanya resolusi jihad yang diserukan Rais Akbar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Hasyim Asyari.

Beberapa alumni Pesantren yang dulunya mengenyam pendidikan Pesantren dan pernah menjadi  santri yang kini menjadi Pegawai di BDK Makassar antara lain : Muh. Salman Pallewai, Ahmad Husain, Abdurrafiq, Khidir dan Fachri Rahman (ETTI).