Hari Amal Bhakti, Kemenag gelar Dev-X
  • BDK Makassar
  • 5 Januari 2024
  • 70x Dilihat
  • Berita

Hari Amal Bhakti, Kemenag gelar Dev-X

BDK Makassar (Online) - Dalam rangka Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Tahun 2024, untuk kali pertamanya, Kemenag menggelar Devotion Experience (Dev-X). Kegiatan ini digelAR di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) mulai 5-7 Januari 2024 dengan kemasan nuansa pop culture dan serba digital sebagai upaya mendekatkan anak muda dengan dunia religiusitas. Menag Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan bahwa sasaran dalam acara ini adalah anak mudadengan memfasilitasi anak-anak muda untuk lebih dekat dengan religi. Menag mengungkapkan ada alasan tersendiri mengapa Kemenag menyasar anak muda yaitu dalam rangja bersiap menyongsong Indonesia Emas 2045 yang membutuhkan pemimpin-pemimpin Indonesia di masa itu adalah anak-anak muda saat ini. Menag juga menyatakan bahwa sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai agama, maka penting untuk mewariskan hal baik bagi para calon pemimpin masa depan. 

Sejumlah kegiatan dihelat selama Dev-X, seperti nikah massal, talkshow seputar zakat dan wakaf, haji, dan sertifikasi halal. Ada juga demo dan bincang-bincang terkait kitab suci dengan huruf braille atau bahasa isyarat, Wisata religi dengan menggunakan virtual reality (VR) hingga menyaksikan launching huruf pegon digital. Kegiatan lainnya, pengunjung bisa belajar membaca Sloka atau menulis Jawa kuno di stan Ditjen Bimas Hindu. Ada juga sesi pemutaran film Unearthing Muarajambi di stan Ditjen Bimas Buddha atau mencoba menjelajah Candi Borobudur dengan menggunakan VR 360. Pengunjung juga dapat mengunjungi pameran berbagai produk halal hingga menikmati sajian musik.

Sejumlah pengisi acara yang akan hadir, antara lain Salma Salsabila, Habib Ja'far, Bhante Dhiropunno Onad, Ustadz Das'ad Latif, Rhoma Irama, Voice of Baceprot, Andien, Arafah Rianti, Ricky Watimena, Mona Ratuliu, Daniel Mananta, Marcello Tahitoe, Armand Maulana, Zaskia Mecca, hingga komedian Boris Bokir, Arafah Rianti, dan sebagainya. (ETTI / sumber: Website Kementerian Agama RI)