Kapusdiklat TTPK, Dr. H. Mastuki, M.Ag  Pembina Upacara Hari Guru Nasional 2023 di BDK Makassar
  • BDK Makassar
  • 25 November 2023
  • 617x Dilihat
  • Berita

Kapusdiklat TTPK, Dr. H. Mastuki, M.Ag Pembina Upacara Hari Guru Nasional 2023 di BDK Makassar

Gambar

BDK Makassar (Online) - Sabtu (25/11), pegawai BDK Makassar menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2023. Upacara tersebut dihadiri segenap pegawai BDK Makassar, dengan mengenakan pakaian adat berbagai daerah di Nusantara. Kapusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Mastuki didampingi oleh Kepala BDK Makassar, Hj. Juhrah menghadiri langsung upacara sebagai pembina, yang hadir dalam busana Bugis Makassar menyampaikan amanat Menteri Agama khusus dalam peringatan Hari Guru. Dalam amanat tersebut, Mastuki menyampaikan jika guru memiliki peran utama dalam menyambut bonus demografi, menyongsong Indonesia Emas 2045. Hanya orang-orang terbaiklah yang terpilih menjadi guru. Guru adalah profesi yang sangat agung dan bermartabat. Apresiasi tertinggi patut disematkan kepada guru-guru lndonesia. Gurulah suluh bangsa yang menjadi penerang dan sosok yang mencerahkan setiap generasi, mengantarkan kebangkitan dan kemajuan bangsa.. Mastuki juga dalam amanat Menteri Agama mengatakan jika guru memikul tanggung jawab yang besar di tengah kemajuan teknologi yang kian dinamis, guru dituntut untuk terus berkembang, agar dapat terus menjadi teladan dalam membentuk siswa berakhlak karimah.

Tema Hari Guru Nasional tahun 2023, "Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar," mencerminkan potret guru yang transformatif. Kementerian Agama telah dan akan terus mengambil langkah signifikan demi memfasilitasi peningkatan kompetensi guru melalui program digital literacy, digitalisasi madrasah, dan bantuan pembelajaran digital. Kementerian Agama juga berkomitmen untuk terus memberikan perhatian dan afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan guru. 

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dengan demikian, guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa.
Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Untuk memperingati momentum yang berharga ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru. Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023. (ETTI)