Penutupan Pelatihan di Wilayah Kerja Manajemen Kemasjidan di Kota Kendari
  • BDK Makassar
  • 6 November 2023
  • 40x Dilihat
  • Berita

Penutupan Pelatihan di Wilayah Kerja Manajemen Kemasjidan di Kota Kendari

BDK Makassar (Online) - Kepala BDK Makassar Hj. Juhrah, S.Sos. M.AP. secara resmi menutup kegiatan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) Manajemen Masjid di Kemenag Kota Kendari, senin (6/11/2023).
Kegiatan penutupan pelatihan yang telah berlangsung selama 6 hari ini turut hadir Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari . Muhammad Lalan Jaya, Ketua Panitia Pelaksana, Suharti, M.Si Kepala Seksi, Kepala Madrasah Negeri, dan Kepala KUA serra 30 orang peserta pelatihan.
Dalam arahan penutupan, Juhtrah berharap kepada peserta bahwa setelah pelaksanan kegiatan pelatihan ini agar para pengelola masjid dapat optimal mengelola masjid. Menurut Juhrah Masjid merupakan rumah ibadah sekaligus sentral segala aktivitas umat muslim, Sehingga indikator utama untuk melihat perkembangan peradaban islam dapat kita lihat bagaimana kondisi masjidnya.  Mengembalikan fungsi dan peran masjid sebagai sentral aktivitas umat islam merupakan keharusan, karena potensi masjid jika dikelola dan dikembangkan dengan baik dapat memberikan kemaslahatan bagi umat. Melalui pelatihan manajemen kemasjidan ini diharapkan dapat mengoptimalkan potensi pengelolaan masjid sebagai pusat peribadatan, pusat pendidikan, pusat informasi masyarakat, pusat pengumpulan dan pendistribusian zakat, infaq dan shodaqoah, tempat mengatur kegiatan masyarakat islam. Menjadi central berbagai aktivitas umat akan membuat banyak masyarakat kembali ke masjid, tergantung bagaimana kita bisa mencitrakan masjid yang kita bina. tidak hanya sebagai tempat ibadah ritual saja, tapi menjadi tempat yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Di akhir sambutanya Juhrah berharap pada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat membagi pengetahuannya dengan pengurus masjid dan pengurus masjid yang ada disekitarnya.

Sejalan dengan harapan Kepala BDK Makassar Kepala Kemenag Kota Kendari H. Muhammad Lalan Jaya juga berharap agar ilmu yang telah didapatkan selama sepekan ini betul - betul dapat diterapkan di tempat masjid masing - masing dan ditularkan dengan teman - teman pengurus masjid yang lain.

Kegiatan ini di ikuti 30 orang peserta yang terdiri dari 2 kabupaten / kota yakni 20 orang dari Kota Kendari dan 10 orang dari Kabupaten Konawe.(ETTI)