Sebanyak 58 peserta seleksi CPNS BDK Makassar mengikuti Ujian
  • 4 Maret 2020
  • 528x Dilihat
  • Berita

Sebanyak 58 peserta seleksi CPNS BDK Makassar mengikuti Ujian

 

tes cpns 1

BDK Makassar (Online) Sebanyak 2.500 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam lingkup Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan di hari pertama, Rabu  (4/03/2020) mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sistem Computer Assisted Test (CAT)bertempat di Aula MINA Asdrama Haji Sudiang, Makassar.Pada hari pertama sebanyak 2.500 orang peserta ujian mengikuti ujian yang terbagi menjadi 5 sesi, setiap sesi berjumlah 500 orang. 

Pelaksanaan seleksi tersebut akan berlangsung selama tujuh hari terhitung pada 04 hingga 10 Maret mendatang di Asrama Haji Sudiang, Makassar secara serentak dengan satuan kerja lain.

Peserta yang ikut ujian pada Kemenag Prov. Sulsel sebanyak 16.796 orang yang terbagi di sembilan satuan kerja, masing-masing Kanwil Kemenag Prov. Sulsel sebanyak 13.471 orang, IAIN Bone 418 orang, IAIN Parepare 338 orang, UIN Alauddin Makassar 975 orang, IAIN Palopo 638 orang, STAKN Toraja 43 orang, Asrama Haji Sudiang 272 orang, sedangkan Balai Litbang Agama Makassar 583 orang dan BDK Makassar sebanyak 58 orang.

Kepala BDK Makassar, Juhrah mengatakan pelaksanaan kali ini berbeda dengan sebelumnya. Menurutnya, perbedaan itu yakni Badan Kepegawaian Negara selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS. "Proses pelaksanaan Ujian SKD CPNS tahun 2019 sedikit ada perbedaan dengan tahun sebelumnya, yakni Badan Kepegawaian Negara selaku Panselnas menetapkan 13 Provinsi di bawah Koordinasi Kementerian Agama R I termasuk Provinsi Sulawesi Selatan yang  harus melakukan ujian dengan fasilitas mandiri, sehingga 13 Provinsi tersebut harus menyiapkan alokasi anggaran yang memadai untuk pelaksanaan ujian SKD tersebut," katanya.

tes cpns 2

Pelaksanaan ujian ini menggunakan sistem sesi, dimana setiap harinya terdapat 5 sesi dengan peserta ? 500/sesi. Olehnya itu, seluruh peserta harus memastikan jadwal ujian masing-masing. Peserta SKD yang memenuhi nilai ambang batas atau passing grade (nilai minimal TKP 126, TIU 80 dan TKW 65), merupakan peserta SKD dengan  nilai terbaik yang diurutkan berdasarkan 3 kali jumlah formasi yang dilamar, detail ketentuan sesuai Permenpan RB Nomor 23 tahun 2019 dan nomor 24 tahun 2019, apabila  nilai ambang batas tersebut tercapai, maka dipastikan pada hasil tes SKD yang akan di umumkan dipertengahan Maret 2020 nantinya, BDK Makassar akan mendapatkan peserta  yang lolos sebanyak formasi yang dibutuhkan. Setelah hasil tes SKD diumumkan, maka dilanjutkan ke tahap Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dilaksanakan pada akhir Maret sampai April 2020 yang terdiri dari tes Psikotes, tes Wawacara dan tes Praktik Kerja. Hasil SKB ini di umumkan pada akhir April 2020. Kemudian peserta yang lolos ke tahap akhir ditentukan berdasarkan  Integrasi nilai SKD dan nilai SKB dengan bobot 40%:60% yang rencana di umumkan awal Mei 2020.

tes cpns 4

 

tes cpns 3

 

Tes kali ini diikuti  sembilan Satuan Kerja dengan total 16.796 peserta.  Panitia Penerimaan CPNS Kementerian Agama dari BDK Makassar berjumlah 7 orang, antara lain : Juhrah, M.AP (Kepala BDK Makassar), Sukmah (Kasubag TU BDK Makassar),  Nuraeni Abu, Putri Wijayanti (Kepegawaian), Muthmainnah (Pengelola Simdiklat), Suharti (Humas) dan Arsyad (Pengelola BMN)-
Tahun 2020 BDK Makassar menerima CPNS sebanyak 3 orang dari 58 orang yang lolos menjadi peserta seleksi CPNS Kementerian Agama (Etti)