Seminar hasil aksi perubahan ini juga menghadirkan Penguji, Kepala Balitbangdiklat Kemenag RI, Prof. Suyitno, M.Ag.
  • BDK Makassar
  • 21 September 2023
  • 31x Dilihat
  • Berita

Seminar hasil aksi perubahan ini juga menghadirkan Penguji, Kepala Balitbangdiklat Kemenag RI, Prof. Suyitno, M.Ag.

BDK Makassar (Online) - Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan XIV yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Tenaga Administrasi Balitbangdiklat Kemenag RI bekerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Makassar memasuki tahap  akhir yaitu Seminar Aksi Perubahan oleh Peserta PKA. Seminar hasil aksi perubahan ini juga menghadirkan Penguji, Kepala Balitbangdiklat Kemenag RI, Prof. Suyitno, M.Ag.  Seminar ini berlangsung pada hari Rabu (21/09/2023) bertempat di runag Rapat Lt, 1 Gedung A BDK Makassar.

PKA yang dulunya dikenal dengan istilah Diklatpim tersebut telah berlangsung selama kurang lebih tiga bulan, sesuai dengan jadwal pelaksanaan PKA berlangsung mulai  07 Juni s.d 21 September 2023. Kegiatan PKA tahap klasikal  sudah terlaksana pada 03 s.d 20 Juli 2023  di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Makassar. Tahap klasikal terbagi lagi menjadi beberapa sub kegiatan diantaranya pembelajaran klasikal, studi lapangan, evaluasi akademik, dan seminar rancangan aksi perubahan. 

 Prof. Suyitno menymapiakan bahwa seharusnya aksi perubahan yang dilakukan oleh seluruh peserta, bukan hanya sebagai legacy atau sekedar formalitas untuk lulus dalam pelatihan ini. Menurutnya yang paling utama adalah kebermanfaatan terhadap perubahan yang lebih baik di lingkungannya masing-masing dan bagaimana caranya agar aksi tersebut bisa terus berkelanjutan.  Suyitno juga menyampaikan bahwa Kegiatan PKA ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi Peserta dalam rangka memenuhi standar Kompetensi manajerial Jabatan Administrator. Kompetensi yang dikembangkan dalam PKA merupakan Kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja, yang merupakan Kompetensi manajerial Peserta untuk menjamin terlaksananya akuntabilitas Jabatan Administrator.(ETTI)